Friday 16 October 2015

HADIS TENTANG IDDAH DAN IHDAD


 HADIS TENTANG IDDAH DAN IHDAD


Matan Hadis Dan Terjemahannya
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ قَزَعَةَ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ الْمِسْوَرِ بْنِ مَخْرَمَةَ أَنَّ سُبَيْعَةَ الْأَسْلَمِيَّةَ نُفِسَتْ بَعْدَ وَفَاةِ زَوْجِهَا بِلَيَالٍ فَجَاءَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاسْتَأْذَنَتْهُ أَنْ تَنْكِحَ فَأَذِنَ لَهَا فَنَكَحَتْ (رواه البخاري)[1]
Berkata Yahya bin Qaza’ah berkata Malik dari Hisyam bin ‘Urwah dari Ayahnya dari Miswar bin Mahramah bahwasanya Subaiah dalam beberapa malam setelah suaminya wafat melahirkan anaknya, lalu datang kepada Nabi SAW minta izin kawin, beliau memberi izin kepadanya, lalu dia kawin. (Riwayat Bukhari)
Disamping hadis utama diatas, penulis memaparkan beberapa hadis pendukung. Tepatnya yang menjelaskan tentang ihdad yaitu:
وَعَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ; أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( لَا تَحِدَّ اِمْرَأَةٌ عَلَى مَيِّتٍ فَوْقَ ثَلَاثٍ إِلَّا عَلَى زَوْجٍ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا, وَلَا تَلْبَسْ ثَوْبًا مَصْبُوغًا, إِلَّا ثَوْبَ عَصْبٍ, وَلَا تَكْتَحِلْ, وَلَا تَمَسَّ طِيبًا, إِلَّا إِذَا طَهُرَتْ نُبْذَةً مِنْ قُسْطٍ أَوْ أَظْفَارٍ. )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ, وَهَذَا لَفْظُ مُسْلِمٍ  وَلِأَبِي دَاوُدَ, وَالنَّسَائِيِّ مِنْ اَلزِّيَادَةِ:   ( وَلَا تَخْتَضِبْ ) وَلِلنَّسَائِيِّ: وَلَا تَمْتَشِطْ. [2]
Dari Ummu Athiyyah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Janganlah seorang perempuan berkabung atas kematian lebih dari tiga hari, kecuali atas kematian suaminya ia boleh berkabung empat bulan sepuluh hari, ia tidak boleh berpakaian warna-warni kecuali kain ‘ashob, tidak boleh mencelak matanya, tidak menggunakan wangi-wangian, kecuali jika telah suci, dia boleh menggunakan sedikit sund dan adhfar (dua macam wewangian yang biasa digunakan perempuan untuk membersihkan bekas haidnya).” Muttafaq Alaihi dan lafadhnya menurut Muslim. Menurut riwayat Abu Dawud dan Nasa’i ada tambahan: “Tidak boleh menggunakan pacar.” Menurut riwayat Nasa’i: “Dan tidak menyisir!”

2.2 Makna Mufrodat
نُفِسَتْ اي وَلَدَتْ:نفست المرأة غلاما                  : melahirkan
لَيَالٍ ج لَيْلَةٌ                                : beberapa malam
 طلب الإذن : استأذن-يستأذن-إستأذان    : meminta izin[3]

2.3 Biografi Perawi Hadis
رسول الله صلّى الله عليه وسلّم


II
مِسْوَرِ بْنِ مَخْرَمَة




Lahir 2 H, wafat 64 H (usia 62 tahun)

عُرْوَةَ
Lahir 23 H, wafat 95 H (usia 72 tahun)
 


 هِشَامِ بْنِ عُرْوَة
Lahir 61 H, wafat 145 H (usia 84 tahun)
 


مَالِكٌ
Lahir 93 H, wafat 179 H (usia 86 tahun)
 


يَحْيَى بْنُ قَزَعَةَ
a.      Miswar bin Makhramah
            Nama lengkap beliau adalah Miswar bin Makhramah bin Naufal bin Uhaib bin abdu manaf bin Zahrah bin kilab al-Qurasyi, Abu Abdur Rahman az-Zuhri. Ibunya bernama Syifa’ binti Auf. Menurut Umar bin Ali beliau lahir pada tanggal 2 H di Makkah dan wafat pada 64 H. Beliau termasuk sahabat Nabi. Diantara Guru beliau adalah: Rasulullah SAW, Abdullah bin Abbas, Abdur Rahman bin Auf (paman dari ibu beliau), Usman bin Affan, Ali bin Abi Tholib.[4]
b.      Urwah bin Zubair
            Nama lengkap beliau adalah Urwah bin Zubair bin Awam bin Khuwailid al-Quarasyi al-Asadi, Abu Abdullah al-Madani. Beliau lahir di akhir kekholifahan Umar bin Khattab pada tahun 23 H dan wafatnya menurut Ibn Abi Khaitsamah pada tahun 95 H. Beliau hidup di masa tengah-tengah tabi’in. Menurut Ibn Hajr beliau adalah tsiqah. Diantara guru beliau adalah Miswar bin Makhramah, Amr bin Ash, Qhais bin Said bin Ibadah, Muhammad bin Musalamah al-Anshari, Marwan bin Hakim.[5]
c.       Hisyam bin Urwah
            Nama lengkap beliau adalah Hisyam bin Urwah bin Zubair bin Awam al-Qurasyi al-Asady, Abu Mundzir, dan ada yang mengatakan Abu ‘Abdullah al-Madani. Menurut Kharbi dan dikuatkan oleh Abu Naim dan yang lainnya sunnah al-khamsah, menurut Ibn Said dan Ajali, beliau adalah tsiqah dan menurut Ibn Hatim tsiqah, Imam di dalam hadis.[6] Diantara guru beliau adalah Urwah bin Zubair, Umar bin Abdullah bin Umar bin Khattab, Umar bin Khuzaimah, Umar bin Suaib, Umar bin Haris bin Tufail. Beliau lahir pada 61 H dan wafat tahun 145 Hijriyah.
d.      Malik bin Anas
            Nama lengkap beliau adalah Malik bin Anas bin Malik bin Abi Amir bin Amr as-Subhi Humairi, Abu Abudullah al-Madani al-Faqih. Beliau lahir pada tahun 93 H. dan wafat pada tahun 179 H. menurut Ibn Hajar beliau adalah إمام دار الهجرة, رأس المتقنين, وكبير المتسبتين  sehingga menurut Imam Bukhari hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik bin Abi Amir adalah semua sanadnya shohih. Diantara guru beliau adalah Hisyam bin Urwah, pamannya Abi Sahil Nafi bin Malik, Nafi Maula Ibn Umar.[7]
e.       Yahya bin Quzaah
            Nama lengkap beliau adalah Yahya Quzaah Qurasyi, al-Hijazi al-Makki, Muaddhin, meriwayatkan darinya Imam Bukhari, menurut Ibn Hajar beliau adalah maqbul sedang menurut dhahabi adalah tsiqah. Diriwayatkan darinya oleh Imam Bukhari, Ahmad di Sholih aal-Misri, Ibrahim bin Mundzir al-Hizami, Muhammad bin Muslim ibn Warati, Dhahili, Abu Yahya bin Abi Maisarah al-Makki, dan menurut Ibn Hibban beliau adalah tsiqah.[8]
            Diantara guru beliau adalah Abdurrahman bin Abi Rijal, Umat bin Abi Aisyah al-Madani, Malik bin Anas, Mughirah bin Abdurrahman al-Hazami.





1 Abu Abdullah Muhammad bin Ismail Al-bukhari, Shahih Al- Bukhari  juz 3, (Indonesia: Maktabah Dahlan, 1992),  hal. 2202
[2] Kahar Masyhur, Bulughul Maram, Jilid 2, (Jakarta: Rineka Cipta, 1992), hal. 122
[3] A.W. Munawir, Kamus al-Munawir Arab-Indonesia Terlengkap
[4] Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar al- Asqalani, Tahdzibu tahdzib Juz 8, (Bairut: Darul Fiqr, 1994), hal. 177
[5] Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar al- Asqalani, Tahdzibu tahdzib Juz 5, (Bairut: Darul Fiqr, 1994), hal. 548
[6] Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar al- Asqalani, Tahdzibu tahdzib Juz 9, (Bairut: Darul Fiqr, 1994), hal. 57
[7] Mausuah Ruwat al-Hadis, (Markaz Nur al-Islam li Abhats al-Qur’an wa al-Sunnah, al-Ishdarus Tsani: 2000) no. Urut 6426
[8] Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar al- Asqalani, Tahdzibu tahdzib Juz 9, (Bairut: Darul Fiqr, 1994), hal. 283

No comments:

Post a Comment

Ads Inside Post